Terobosan Terbaru, Jam Digital Pertama Untuk Bantu Tunanetra

Feb 25, 2017

Terobosan Terbaru, Jam Digital Pertama Untuk Bantu Tunanetra






Ada lebih dari 285 juta orang tunanetra di dunia. Namun berapakah dari mereka yang telah mendapatkan hidup yang lebih baik? Karena itulah perusahan jam di Korea Selatan memiliki terobosan baru untuk para penyandang tunenetra.


Terobosan itu adalah jam digital yang pertama di dunia braille. Bahkan mereka mengatakan ini adalah smartwatch yang khusus hanya untuk orang yang memiliki kekurangan dalam penglihatan. Sepintar apakah jam itu?


Jam itu menampilkan informasi menggunakan 4 sel Braille yang aktif dinamis. Penggunanya dapat memilih kecepatan untuk memperbarui karakter jam. Perusahaan ini menghubungkan ke ponsel melalui bluetooth sama seperti smartwatch lain.


Menariknya lagi, pengguna bisa menerima teks dari aplikasi atau layanan seperti Messenger, Google Maps dan lain-lain. Pengguna juga dapat mengirim pesan sederhana dengan menggunakan tombol pada sisi kanannya. Jam ini didukung Open API yang berarti bahwa siapa pun dapat mengembangkan atau menyesuaikan aplikasi untuk itu.


Berbagai perangkat digital untuk orang buta telah ada selama ini tapi sebagian besar dari itu menggunakan suara. Alat itu bisa menciptakan masalah karena pengguna harus memasukkan headphone dan melepas dari suara sekitarnya. Perangkat membaca yang digital sebagian besar berbentuk tebal dan mahal. Hanya sekitar 5 persen dari orang tunanetra memiliki satu saja. 


Read more: disini